Apa itu bahasa pemrograman?

Saat kita menggunakan handphone, software yang ada di handphone kita dibuat menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Software atau perangkat lunak dibuat dengan mekanisme rumit yang nantinya dibuat menjadi sederhana melalui bahasa pemrograman.

Berangkat dari pemikiran bahwa mesin hanya dapat mengerti hidup atau mati manusia membuat mekanisme rangkaian kompleks yang terdiri dari milyaran gate atau saklar otomatis. Dengan cara tertentu dan penambahan komponen-komponen mekanis lainnya dibuat lah komputer.

Komputer awalnya hanya menerima bit data dengan membuatnya hidup atau mati sehingga dapat dilakukan kerja yang kompleks. Sekarang ini programmer dipermudah dengan diciptakannya bahasa pemrograman yang menjembatani antara mesin dan manusia.

Lalu sebenarnya apa itu bahasa pemrograman?

Apa itu bahasa pemrograman?

Bahasa pemrograman adalah bahasa yang dikenal oleh komputer dan digunakan untuk menuliskan perintah-perintah ke komputer. Bahasa pemrograman dibedakan menjadi 2.

Bahasa tingkat rendah yaitu bahasa yang sangat primitif. Maksudnya kita hanya melakukan pengoperasian geser bit, penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Bahasa jenis ini biasa digunakan untuk membuat kompiler, atau interpreter.

Bahasa tingkat tinggi yaitu bahasa yang sengaja diciptakan manusia untuk mempermudah programmer dalam menuliskan perintah ke komputer. Bahasa jenis ini sekarang ini banyak sekali jenisnya seperti bahasa pascal, bahasa C++, bahasa Java, dan lain sebagainya. Bahasa ini biasa digunakan kompiler atau interpreter.

Dari tadi penulis menuliskan untuk memerintah komputer. Pertanyaannya mengapa komputer perlu diperintah? Komputer yang kita kenal ternyata sangat bodoh, mereka hanya melakukan perintah tanpa bisa memikirkan apa akibat yang ditimbulkannya. 

Sekarang ini tidak ada komputer yang bisa memikirkan penyelesaian masalahnya sendiri, programmer lah yang membuatnya menjadi mudah dengan dibentuknya diseain yang mudah digunakan.

Itu tadi pembahasan mengenai bahasa pemrograman, semoga menambah pengetahuan kita mengenai bahasa pemrograman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini